Selamat Hari Raya Idul Fitri Mohon Maaf Lahir Batin
Selamat Hari Raya Idul Fitri Mohon Maaf Lahir Batin
Kunci Jawaban TTS Asah Otakmu Indoesia Kunci Jawaban Tatarucingan Sunda Kunci Jawaban Tebak Siapakah Aku Kunci Jawaban Tebak Gambar Komplit (Jams Studio) Kunci Jawaban Tebak-tebakan 2020 - Tebak Kata (Jams Studio) Kunci Jawaban Asah Otak Tebak Siapa Aku (KeySurya)
Kunci Jawaban TTS Asah Otakmu Indoesia Kunci Jawaban Tatarucingan Sunda Kunci Jawaban Tebak Siapakah Aku Kunci Jawaban Tebak Gambar Komplit (Jams Studio) Kunci Jawaban Tebak-tebakan 2020 - Tebak Kata (Jams Studio) Kunci Jawaban Asah Otak Tebak Siapa Aku (KeySurya)

Arti Emoticon Lengkap (Kamus Emoticon)

Arti Emoticon Lengkap (Kamus Emoticon)
Smiley
(https://simple.wikipedia.org/wiki/Smiley)


Pernahkan Anda dibuat bingung dengan arti emoticon yang dikirim oleh rekan Anda baik melalui email, sms, maupun messenger?

Kebanyakan aplikasi messenger akan mengkonversikan emoticon yang dibuat dalam bentuk teks menjadi gambar sehingga mempermudah penerima pesan dalam mengartikan emoticon tersebut.

Walaupun begitu apabila emoticon tersebut dikirim dalam email atau sms biasa, biasanya emoticon tersebut tetap dalam bentuk teks. Pada saat itulah, Anda perlu mengartikan sendiri apa arti emoticon yang dituliskan seseorang untuk Anda. Salah-salah, Anda mungkin salah paham jika tidak dapat mengartikan emoticon tersebut dengan baik. 

Baca Juga: Arti Emoji (Kamus Emoji)

Arti Emoticon Lengkap

Berikut ini adalah sejumlah emoticon yang lazim Anda temui dalam komunikasi melalui SMS dan messenger, jangan ragu untuk bertanya melalui kolom komentar apabila artikel ini dirasa kurang jelas atau kurang tepat. Selamat membaca!

:-) :) 8-) 8)
Emoticon ini bisa jadi adalah emoticon yang paling sering digunakan. Emoticon ini melambangkan senyuman dan kebahagiaan. Emoticon ini juga digunakan untuk untuk meminta sang penerima pesan agar tidak serius menanggapi ucapan sang penulis, karena sang penulis sedang mencoba melempar candaan. 

:-D :D *-D 8D
Emoticon ini melambangkan senyuman lebar atau tertawa.

:-))
Makna dari emoticon ini adalah sangat gembira atau sangat bahagia

;-)  atau ;)
Senyuman dan kedipan. Hati-hati dalam menggunakan emoticon ini, karena pembaca pesan Anda mungkin dapat salah mengartikan bahwa Anda sedang menggodanya. Hal ini mungkin bisa cukup sensitif apabila pembaca pesan Anda adalah lawan jenis!

:'-) atau :')
Airmata kebahagiaan. Tanda apostrof yang berada di antara mata dan garis hidung melambangkan air mata. Walaupun begitu, senyuman yang berada di bawah garis hidung menyiratkan bahwa air mata ini bukanlah airmata kesedihan, tetapi airmata kebahagiaan. 

Emoticon ini dapat juga berarti si pengirim merasa menemukan sesuatu yang sangat lucu sehingga membuatnya tertawa geli/terbahak-bahak sampai mengeluarkan air mata. Dalam konteks yang berbeda, emoticon ini dapat juga diartikan sebagai "sad smile" yaitu senyuman yang mengandung kegetiran atau kesedihan. Tentu saja, Anda harus dapat memahami konteks dari keseluruhan kalimat yang disampaikan pengirim untuk dapat memahami arti dari emoticon tersebut.


:-(  atau :(  atau :-c atau :-< atau :@
Dari bentuknya, Anda tentu sudah dapat menebak bahwa arti emoticon ini melambangkan rasa sedih atau rasa ikut bersedih (empati) dengan penerima pesan. Emoticon ini juga kadang-kadang digunakan untuk mengungkapkan kekesalah hati karena sesuatu hal tidak berjalan seperti yang diharapkan.

:'-( atau :'(
Menangis! Ya... airmata (simbol apostrof) yang diikuti simbol kesedihan melambangkan apalagi selain kesedihan yang sangat?


:-))) atau :)))
Seperti halnya :-) emoticon ini digunakan untuk menyatakan rasa senang dengan kadar yang lebih tinggi (senang buangeet). 

:-| :|
Muka yang datar tanpa ekspresi. Makna emoticon ini sangat tergantung konteks pembicaraan yang sedang berlangsung. Apabila pembicaraan berlangsung positif, emoticon ini dapat diartikan sebagai keragu-raguan dalam menanggapi suatu topik. Walaupun begitu, dalam pembicaraan yang negatif, emoticon ini dapat bermakna sarkastik yang mengungkapkan ketidaktertarikan atau rasa "emang gua pikirin" dari pihak yang menyerang pihak yang lain. Hati-hatilah dalam menggunakan emoticon ini, terutama apabila Anda tidak yakin apakah pembicaraan sedang berlangsung positif atau negatif.

:-/
Loe ngomong apa sih? Emoticon ini mencerminkan kebingungan penulis akan sesuatu yang sedang dibicarakan. Lagi-lagi, emoticon ini berbau sedikit sarkastik apabila digunakan dalam konteks yang tidak tepat, hati-hatilah dalam menggunakannya.


=0
Emoticon ini menggambarkan orang yang sedang melongo (mulutnya terbuka). Kurang lebih hal ini menggambarkan rasa terkejut sang penulis terhadap sesuatu.

:-?
Emoticon ini menyatakan bahwa sang penulis perlu berpikir atau kurang memahami topik yang didiskusikan. Sekilas maknanya tidak jauh berbeda dengan :-/, tetapi inti dari emoticon ini adalah sang penulis perlu berpikir dan bukan sekedar kebingungan. Artinya, topik yang dibicarakan bukan hal yang tidak dimengerti (membingungkan) tetapi perlu upaya ekstra untuk berpikir.

:-"
Bersiul. Ketika suatu topik sedang dibahas dengan sangat intensif, apakah pada tempatnya orang berisul-siul? Apa kira-kira suasana hati orang yang bersiul di tengah suatu perdebatan? Merasa menangkah? Merasa lawan bicaranya tidak setara kah? Emoticon ini sangat sensitif dan dapat dengan mudah disalahartikan, jadi cobalah untuk tidak menggunakannya. Pastikan pesan Anda tidak akan disalahartikan apabila Anda memang harus menggunakan emoticon ini.

|-O
Bosan! Pernahkah Anda merasa bosan ketika mengikuti suatu diskusi, pelajaran, atau seminar yang tidak menarik? Apa yang biasana Anda rasakan? Menguap dan mengantuk! Emoticon ini menggambarkan orang yang sedang menguap untuk menanggapi topik diskusi yang menurutnya membosankan dan membuatnya mengantuk. Lagi-lagi, berhati-hatilah ketika menggunakan maupun memaknai emoticon ini. Jangan sampai Anda memancing/terpancing dalam suasana diskusi yang tidak kondusif yang berujung pada permusuhan.

:-<
Tertipu. Bagaimana perasaan Anda ketika tertipu? Sedih atau bahkan marah bukan? Emoticon ini tampak memiliki kemiripan dengan emoticon yang menggambarkan rasa sedih :-(. Hanya saja, pada bagian mulut digunakan tanda lebih kecil "<" dan bukan kurung buka "(".

%-}
Pusing!! Begitulah kira-kira maksud dari emoticon ini. Tentunya "pusing" yang dimaksud bukanlah pusing akibat sakit. Pusing yang dimaksud di sini juga bukan untuk menggambarkan pusing karena bingung (untuk mengungkapkan rasa bingung, Anda dapat menggunakan :-/). Pusing yang dimaksud dengan emoticon ini adalah untuk menggambarkan situasi yang tidak dapat Anda tangani. Banyak tugas, pekerjaan, atau banyak masalah... kira-kira seperti itulah rasa "pusing" yang dimaksud dengan emoticon ini.

:-||  :@  >:(
Berteriak atau Marah! Emoticon ini dapat digunakan untuk menarik perhatian dari lawan bicara Anda. Terutama kalau Anda berdiskusi dalam group yang masing-masing membawakan topik yang berbeda-beda. Anda mungkin perlu berteriak untuk didengarkan, seperti halnya di dunia nyata. Dalam situasi tertentu, emoticon ini juga dapat digunakan untuk mengungkapkan rasa marah. Hati-hati apabila menggunakan emoticon ini. Alih-alih memperoleh perhatian, lawan bicara Anda mungkin akan tersulut sehingga pembicaraan menjadi tidak kondusif dan penuh permusuhan. 

:$
Tersipu malu. Emoticon ini mengungkapkan perasaan malu yang cukup spesifik. Rasa malu yang diungkapkan di sini bukanlah timbul dari rasa malu akibat mengakui/melakukan kesalahan, tetapi malu yang justru timbul karena sanjungan dari orang lain atau perasaan terhadap pribadi tertentu.

{}
Pelukan. Emoticon ini mengungkapkan perasaan sayang, kangen, atau bahkan kasihan karena adanya suatu kejadian malang yang menimpa lawan bicara Anda. Sebaiknya Anda tidak merusak makna emoticon ini dengan menggunakannya untuk menggoda lawan jenis.

~O)
Secangkir kopi (panas). Cukup sulit untuk menggambar secangkir kopi panas dengan menggunakan simbol-simbol yang ada pada keyboard smartphone maupun komputer kita. Walaupun begitu, emoticon ini dapat mewakili ekspresi seseorang mengenai kopi panas. Dalam kesempatan apa Anda gunakan emoticon ini? Makna emotico ini sangat tergantung pada konteks pembicaraan yang sedang berlangsung. Apabila pembicaraan berlangsung positif, maka emoticon ini bernada ajakan untuk makin menghangatkan suasana dengan mendiskusikan suatu topik lebih lanjut. Dalam pembicaraan yang berlangsung negatif, di lain pihak, emoticon ini dapat bernada melecehkan dan dapat diartikan sebagai ungkapan ketidakpedulian Anda pada topik yang dibicarakan. Hindari penggunaan emoticon yang bermakna sesuai konteks ini, lebih-lebih apabila Anda tidak terlalu yakin apakah pembicaraan berlangsung positif atau negatif.

=D>
Tepuk Tangan. Ya betul, simbol ">" yang digunakan di baah senyuman lebar menggambarkan tangan yang sedang saling bertepuk, alias bertepuk tangan. Makna emoticon ini sangat lugas, menggambarkan ekspresi kegembiraan (senyuman lebar) dan apresiasi pada lawan bicara Anda. Walaupun begitu, gunakankanlah emoticon ini untuk memuji lawan bicara secara tulus dan bukan dimaksudkan untuk menyindir.

@}‑;‑'‑‑‑  atau  @>‑‑>‑‑
Bunga Rose. Jika diamati dengan seksama, rangkaian karakter di atas memang mirip dengan Bunga Rose (Ros). Setidaknya, rangkaian karakter tersebut adalah cara terbaik dan termudah untuk menggambarkan bunga ros dengan menggunakan keypad smartphone yang terbatas. Nah, kira-kira apa arti dari mengirim bunga ros? Anda tentu dapat mengira-ira sendiri artinya.

|;‑)
Cool. Tentu saja cool jangan diterjemahkan begitu saja sebagai "dingin". Istilah ini banyak digunakan oleh orang-orang Afro-American untuk mengekspresikan bahwa mereka baik-baik saja walaupun situasinya mungkin tidak terlalu menyenangkan. I'm cool man.. ekspresi emoticon ini kurang lebih berarti seperti itu, bahwa seseorang tidak merasa terganggu dengan situasi yang ada dan merasa baik-baik saja dan semua berjalan adem ayem...

:-###.. atau :###..
Being Sick... "sick" di sini bukan menjelaskan kondisi kesehatan seseorang, tetapi ungkapan rasa tidak suka, sebal, dan kesal terhadap tindakan, ucapan, atau pendapat seseorang yang seringkali dalam bahasa gaul sering diungkapkan dengan sarkastik sebagai "berasa pengen muntah" ... karena itu berhati-hatilah ketika menggunakan emoticon ini, karena bisa jadi menimbulkan rasa tidak nyaman bagi lawan bicara Anda. Di lain pihak, apabila Anda menerima kiriman emoticon seperti ini dari seseorang, cobalah untuk berpikir positif ... barangkali rekan Anda tersebut tidak tahu makna dari emoticon tersebut dan hanya ikut-ikutan saja....  

<:‑|
Hati-hati apabila menggunakan emoticon yang satu ini. Di Wikipedia, emoticon ini bermakna "Dumb" atau "Dunce Like". Seperti kita ketahui, "dumb" artinya bodoh, sementara "dunce like" adalah seperti orang bodoh. Jadi, sebaiknya Anda jangan pernah menggunakan emoticon ini dalam situasi apapun, bahkan pada orang yang Anda kenal dengan akrab. Sebaliknya, apabila Anda menerima emoticon ini dari orang lain, cobalah berpikir positif, bahwa mungkin yang bersangkutan tidak sepenuhnya paham makna emoticon tersebut dan sama sekali tidak bermaksud menyakiti hati Anda. 

',:-| atau ',:-l
Makna dari emoticon ini adalah skeptis, tidak sependapat, atau tidak percaya dengan pendapat orang lain. Gunakanlah emoticon ini hanya dalam situasi diskusi yang demokratis, dimana kedua belah pihak dapat menerima dan menghargai pendapat lawan bicara. Ada banyak kasus ketika diskusi menjadi terlalu panas karena salah satu atau kedua belah pihak tidak setuju dengan pendapat yang lain. Pada saat itu, hindarilah untuk menggunakan emoticon ini dan lebih baik lagi segera hentikan diskusi tersebut agar tidak menjurus ke perpecahan yang tidak perlu. 

Gunakan & Pahami Emoticon Secara Bijaksana

Masih ada sejumlah emoticon lagi yang akan saya bahas lain waktu. Pada dasarnya, gunakanlah emoticon dengan bijaksana. Apabila menyangkut topik yang cukup sensitif, tidak ada salahnya Anda berbicara secara langsung atau melalui telpon ketimbang menggunakan email atau messenger.

Email atau messenger adalah sarana yang kurang dapat menggambarkan suasana hati penulis dengan cukup baik sehingga rentan disalahartikan. Begitu banyak pertengkaran dimulai dari email atau pesan yang disalahartikan oleh pembaca.

Nah, bagaimana; saran saya perbanyak diskusi verbal secara langsung atau setidaknya melalui telpon untuk memberikan pesan yang lebih jernih pada lawan bicara Anda. Hal ini juga akan membuat Anda lebih sehat karena tidak terkungkung di depan HP atau komputer sepanjang hari dan bertemu dan berbicara dengan orang secara langsung.

(Dirangkum dari Wikipedia dan Majalah)

Postingan Terbaru


Komentar

  1. cukup menarik emoticonnya. jadi baru tau nih

    BalasHapus
  2. Kalau ini apa artinya ? :')#@**6/'6:$65!:"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya itu kombinasi dari beberapa emoticon dan simbol/angka sembarang. Untuk daftar emoticon lengkap, silakan dicek di https://en.wikipedia.org/wiki/List_of_emoticons

      Hapus
  3. Ini -_ artinya apa? Sering muncul di status orang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asnita, menurut artikel https://www.spoj.com/problems/EMO/ .. terjadi kesalahan dalam mengetik emoticon. Orang ybs bermaksud untuk mengetik -_- tetap salah mengetik menjadi -__

      Selain itu, dalam daftar emoticon di Wikipedia https://en.wikipedia.org/wiki/List_of_emoticons , emoticon seperti yang kamu maksud tidak ditemukan.

      Hapus
  4. Kalo ini ({}) artinya apa ?

    BalasHapus
  5. Kalo ini (0) arti nya apa??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari bentuknya seperti orang yang sedang mengangkat tangan... kalau dilihat di Wikipedia maka bentuk yg mirip adalah \0/ artinya "cheer" atau bersorak. Barangkali bisa dikira-kira juga maknanya dari kalimat yg dituliskan lawan bicara Anda. Semoga membantu.

      Hapus
  6. Anda tahu emoticon baru? Infokan di kolom komentar ini dong? Untuk referensi kita-kita.. makasih ya...

    BalasHapus
  7. Balasan
    1. Itu artinya untuk smiley/happy face. Berikut ini variasi smiley/happy face lainnya (sumber: Wikipedia)

      :‑)
      :) :-]
      :] :-3
      :3 :->
      :> 8-)
      8) :-}
      :} :o) :c) :^) =] =)

      Hapus
  8. Emotikon model jadul seperti ini sudah tidak seekspresif dahulu... wkwkwk

    BalasHapus

Posting Komentar

Rekomendasi