Thursday, 22 October 2015

Arti Emoji (Kamus Emoji)

loading...
loading...

Seperti halnya emoticon, emoji dapat membantu untuk mengekspresikan suasana hati Anda dalam berkomunikasi dengan media Internet, utamanya email, messenger, dan SMS. 

Emoji pertama kali diperkenalkan oleh Shigetaka Kurita pada tahun 1998. Dari namanya, Anda tentu dapat menebak bahwa penemu Emoji berkewarganegaraan Jepang. Shigetakan adalah salah satu karyawan NTT Docomo, provider selular yang sangat terkenal di Jepang.

Emoji adalah emoticon dengan warna "Asia". Emoji diperkenalkan untuk "menandingi" emoticon yang sudah lebih dulu populer dan diciptakan dengan nuansa "Barat". 

Cukup kiranya membahas mengenai sejarah dan filosofi di balik penemuan emoji. Berikutnya, saya ingin menampilkan sejumla contoh emoji dan makna yang diwakilinya.

(^ _^) atau (^-^)
Tersenyum

(o^-^o) 
Tersenyum tersipu-sipu (hingga pipi merah merona)

(^-^*)
Hallo! Hai!

(*^3^) 
Mencium 
(^3^) 
Berseru

m(.__.)m
Terimakasih!

(^o^) 
Tolong..

(T_T) 
Menangis

(-_-#) 
Marah



(=_=) 
Malu

(#^ ^#) 
Tersipu-sipu

(x_x) 
Pusing

(^ v ^)          
Selamat pagi!
 
( ° v ° )
Selamat malam!

( _ _ )..zzZZ
 Tidur

( _ _ ) ..ooOO
Mimpi

(-_-;;)
Gugup

Berbeda dengan emoticon, bentuk Emoji tidak terlalu mudah untuk dibuat dengan menggunakan smartphone/hp maupun komputer. Bagi saya pribadi, bentuk emoji agak kelewat kompleks. 

Namun demikian, emoji dapat memberikan kesan budaya Timur yang sopan dan cenderung tidak lugas dibandingkan emoticon yang memberikan makna yang lugas dan kuat sehingga kadang dapat disalahartikan oleh si penerima pesan. 

Emoji dapat menjadi salah satu alternatif bagi Anda untuk mengekspresikan perasaan/emosi lewat pesan teks, tanpa perlu terlalu khawatir bahwa Emoji Anda akan menyinggung perasaan. 

Walaupun begitu, seperti halnya emoticon, Anda sebaiknya tetap berhati-hati dan tidak sembarangan menggunakan emoji tanpa memikirkan akibat negatif yang ditimbulkan karena penerima pesan Anda tersinggung atau salah pengertian. 

Cara terbaik untuk menyampaikan pesan adalah dengan bertatap muka atau setidaknya berkomunikasi lewat telepon. Hal ini dapat memastikan pesan Anda dapat dipahami dengan baik, mengurangi kemungkinan distorsi yang dapat mengakibatkan salah paham.

Bijaksanalah dalam menggunakan Emoji dalam pesan teks Anda!

(Dirangkum dari berbagai sumber di Internet dan Majalah).


Blog Wisata:
Pengalaman Wisata ke Rumah Stroberi
Pengalaman Menginap di Taman Safari Lodge Hotel Cisarua
Pengalaman Berwisata ke Taman Bunga Wiladatika Cibubur
loading...
loading...

No comments:

Post a Comment