Saturday, 7 November 2015

Kerjakan Sendiri: Cara Mengganti Kunci Rumah

loading...
loading...
Blog lain:

Apakah Anda baru saja membeli rumah? Apakah Anda pemilik kontrakan atau kos-kosan? Tanpa bermaksud berprasangka buruk, Anda sebaiknya mengantisipasi kemungkinan pemilik rumah sebelum Anda atau penyewa kontrakan/kos-an Anda sudah menggandakan kunci rumah Anda tanpa sepengetahuan Anda dengan maksud yang mungkin kurang baik. 

Sangat disarankan untuk mengganti seluruh kunci rumah, apabila Anda menempati rumah baru atau kontrakan/kos-an Anda berganti penghuni. Hal ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Setidaknya, Anda mengganti kunci pintu yang menghadap ke luar, baik pintu depan, belakang, maupun samping. Kunci-kunci kamar di dalam rumah mungkin tidak perlu buru-buru diganti.

Cylinder Kunci
Biaya untuk mengganti satu set kunci rumah (termasuk handlenya) tentulah sangat mahal. Hal ini tentu saja tergantung tipe dan merk kunci yang Anda gunakan. 

Walaupun begitu, sebetulnya Anda tidak perlu mengganti semuanya. Anda hanya perlu mengganti cylinder kunci yang harganya relatif tidak semahal satu set kunci pintu utuh. Harga cylinder kunci berkisar di antara Rp 30,000 - 150,000. Tentunya, makin mahal harganya, makin baik juga kualitasnya.

Sebelum Anda membeli cylinder kunci yang baru, pastikan dulu bahwa bentuk dan ukuran cylinder kunci yang terpasang di pintu Anda sama dengan yang akan Anda beli. Pada umumnya, cylinder kunci memiliki bentuk dan ukuran yang sama. Walaupun begitu, upayakan untuk membeli cylinder kunci dengan merk yang sama dengan yang terpasang sebelumnya untuk memastikan kompatibilitasnya.



Cara mencabut cylinder kunci lama tidaklah sulit. Anda cukup membuka satu buah sekrup yang berada di bawah pengait pintu (sisi yang menempel pada kusen pintu). Sekrup ini biasanya cukup panjang. Setelah sekrup sepenuhnya terlepas, cabutlah cylinder lama dengan cara menekan cylinder dari samping hingga terlepas.

Selanjutnya, Anda tinggal memasang cylinder baru di tempat cylinder lama terpasang. Lalu pasanglah sekrupnya dengan kencang. Apabila tidak terlalu kencang, pintu mungkin tidak akan dapat tertutup karena terganjal sekrup ini. Pada umumnya, Anda akan memperoleh sekrup ini ketika membeli cylinder baru. Walaupun begitu, Anda biasanya masih dapat menggunakan sekrup lama untuk memasang cylinder baru.

Bagaimana? Mudah bukan? Sekarang, Anda akan merasa lebih lega, karena pintu Anda tidak dapat lagi dibuka oleh penghuni rumah/kontrakan Anda sebelumnya. 

Cylinder kunci lama Anda masih dapat digunakan sebagai spare parts untuk kunci pintu kamar di dalam rumah Anda atau barangkali rumah Anda lainnya. Kalaupun tidak, Anda dapat menjualnya ke tukang loak sehingga dapat bermanfaat untuk orang lain.

(disarikan dari berbagai sumber dan pengalaman pribadi).  
loading...
loading...

No comments:

Post a Comment