Selamat Hari Raya Idul Fitri Mohon Maaf Lahir Batin
Selamat Hari Raya Idul Fitri Mohon Maaf Lahir Batin
Kunci Jawaban TTS Asah Otakmu Indoesia Kunci Jawaban Tatarucingan Sunda Kunci Jawaban Tebak Siapakah Aku Kunci Jawaban Tebak Gambar Komplit (Jams Studio) Kunci Jawaban Tebak-tebakan 2020 - Tebak Kata (Jams Studio) Kunci Jawaban Asah Otak Tebak Siapa Aku (KeySurya)
Kunci Jawaban TTS Asah Otakmu Indoesia Kunci Jawaban Tatarucingan Sunda Kunci Jawaban Tebak Siapakah Aku Kunci Jawaban Tebak Gambar Komplit (Jams Studio) Kunci Jawaban Tebak-tebakan 2020 - Tebak Kata (Jams Studio) Kunci Jawaban Asah Otak Tebak Siapa Aku (KeySurya)

Kerjakan Sendiri: Cara Mengganti Kunci Pintu Rumah

Blog lain:
Apakah Anda baru saja membeli rumah? Apakah Anda pemilik kontrakan atau kos-kosan? Tanpa bermaksud berprasangka buruk, Anda sebaiknya mengantisipasi kemungkinan pemilik rumah sebelum Anda atau penyewa kontrakan/kos-an Anda sudah menggandakan kunci rumah Anda tanpa sepengetahuan Anda dengan maksud yang mungkin kurang baik. 

Sangat disarankan untuk mengganti seluruh kunci rumah, apabila Anda menempati rumah baru atau kontrakan/kos-an Anda berganti penghuni. Hal ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Setidaknya, Anda mengganti kunci pintu yang menghadap ke luar, baik pintu depan, belakang, maupun samping. Kunci-kunci kamar di dalam rumah mungkin tidak perlu buru-buru diganti.

Bagaimana Cara Mengganti Kunci Pintu Rumah
Silinder Kunci

Biaya untuk mengganti satu set kunci rumah (termasuk handlenya) tentulah sangat mahal. Hal ini tentu saja tergantung tipe dan merk kunci yang Anda gunakan. 

Walaupun begitu, sebetulnya Anda tidak perlu mengganti semuanya. Anda hanya perlu mengganti cylinder/silinder kunci yang harganya relatif tidak semahal satu set kunci pintu utuh. Harga silinder kunci berkisar di antara Rp 30,000 - 150,000. Tentunya, makin mahal harganya, makin baik juga kualitasnya.

Sebelum Anda membeli silinder kunci yang baru, pastikan dulu bahwa bentuk dan ukuran silinder  kunci yang terpasang di pintu Anda sama dengan yang akan Anda beli. Pada umumnya, silinder kunci memiliki bentuk dan ukuran yang sama. Walaupun begitu, upayakan untuk membeli silinder kunci dengan merk yang sama dengan yang terpasang sebelumnya untuk memastikan kompatibilitasnya.

Cara mencabut silinder kunci lama tidaklah sulit. Anda cukup membuka satu buah sekrup yang berada di bawah pengait pintu (sisi yang menempel pada kusen pintu). Sekrup ini biasanya cukup panjang. Setelah sekrup sepenuhnya terlepas, cabutlah silinder lama dengan cara menekan silinder dari samping hingga terlepas.

Selanjutnya, Anda tinggal memasang silinder baru di tempat silinder lama terpasang. Lalu pasanglah sekrupnya dengan kencang. Apabila tidak terlalu kencang, pintu mungkin tidak akan dapat tertutup karena terganjal sekrup ini. Pada umumnya, Anda akan memperoleh sekrup ini ketika membeli silinder baru. Walaupun begitu, Anda biasanya masih dapat menggunakan sekrup lama untuk memasang silinder baru.

Bagaimana? Mudah bukan? Sekarang, Anda akan merasa lebih lega, karena pintu Anda tidak dapat lagi dibuka oleh penghuni rumah/kontrakan Anda sebelumnya. 

Silinder kunci lama Anda masih dapat digunakan sebagai spare parts untuk kunci pintu kamar di dalam rumah Anda atau barangkali rumah Anda lainnya. Kalaupun tidak, Anda dapat menjualnya ke tukang loak sehingga dapat bermanfaat untuk orang lain.

(disarikan dari berbagai sumber dan pengalaman pribadi).  

Postingan Terbaru


Komentar

Rekomendasi