Selamat Hari Raya Idul Fitri Mohon Maaf Lahir Batin
Selamat Hari Raya Idul Fitri Mohon Maaf Lahir Batin
Kunci Jawaban TTS Asah Otakmu Indoesia Kunci Jawaban Tatarucingan Sunda Kunci Jawaban Tebak Siapakah Aku Kunci Jawaban Tebak Gambar Komplit (Jams Studio) Kunci Jawaban Tebak-tebakan 2020 - Tebak Kata (Jams Studio) Kunci Jawaban Asah Otak Tebak Siapa Aku (KeySurya)
Kunci Jawaban TTS Asah Otakmu Indoesia Kunci Jawaban Tatarucingan Sunda Kunci Jawaban Tebak Siapakah Aku Kunci Jawaban Tebak Gambar Komplit (Jams Studio) Kunci Jawaban Tebak-tebakan 2020 - Tebak Kata (Jams Studio) Kunci Jawaban Asah Otak Tebak Siapa Aku (KeySurya)

Gerhana Matahari Total di Indonesia Maret 2016

Pada tanggal 9 Maret 2016, bertepatan dengan hari raya Nyepi umat Hindu Bali, masyarakat yang tinggal di beberapa bagian daerah di Indonesia dapat menyaksikan Gerhana Matahari Total (Total Solar Eclipse) dari tempat tinggalnya masing-masing.

Gerhana Matahari Total 2016
Gerhana Matahari Total
Diawali dengan Gerhana Matahari Sebagian  (Partial Eclipse) sekitar Pk. 06.00 pagi WIB, gerhana akan mencapai puncaknya (Gerhana Matahari Total) sekitar Pk. 09.00 pagi WIB. Gerhana Matahari Total akan terjadi selama sekitar 4 menit  9 detik (sumber:http://www.timeanddate.com/eclipse/solar/2016-march-9). Gerhana Matahari Total dapat dilihat di beberapa daerah di Sumatra, Sulawesi, dan Kalimantan (daerah yang dilintasi garis hitam pada peta). 

Beberapa daerah di sekitar lintasan tersebut (berwarna merah muda) akan melihat gerhana matahari sebagian dengan intensitas yang berbeda-beda (mulai dari 40% hingga 90% bagian dari matahari tertutup). Daerah yang berwarna putih sama sekali tidak dapat menyaksikan gerhana matahari, baik total maupun sebagian.

Gerhana Matahari Total 2016
Peta Lintasan Gerhana Matahari Total
Untuk melihat perkiraan jadwal Gerhana Matahari Total dan Sebagian di beberapa kota besar di Indonesia, Anda dapat mengunjungi website berikut: http://gerhana.langitselatan.com/infografik-lintasan-gerhana-matahari-total-9-maret-2016/.

Jangan berkecil hati apabila kota dimana Anda tinggal tidak disebutkan dalam website tersebut. Pada dasarnya, Gerhana Matahari dapat dilihat dilihat di seluruh wilayah Indonesia pada jam yang kurang lebih sama. Hanya saja, tidak seluruh wilayah dapat melihat Gerhana Matahari Total. 

Berikut ini perkiraan waktu kemunculan sampai berakhirnya Gerhana Matahari seperti disebutkan dalam website http://www.timeanddate.com .

EventUTC TimeWIB
First location to see partial eclipse beginMar 8 at 11:19 PM   Mar 9 at 06:19 AM
First location to see full Eclipse beginMar 9 at 12:15 AM   Mar 9 at 07:15 AM
Maximum EclipseMar 9 at 1:59 AM   Mar 9 at 08:59 AM
Last location to see full Eclipse endMar 9 at 3:38 AM   Mar 9 at 10:38 AM
Last location to see partial Eclipse endMar 9 at 4:34 AM   Mar 9 at 11:34 AM

Jangan melihat ke arah matahari langsung tanpa peralatan pelindung mata yang memadai selama Gerhana Matahari karena radiasi sinar UV dapat merusak retina mata yang mengakibatkan kerusakan mata permanen atau bahkan kebutaan.

Sejumlah website di Internet yang memberikan panduan untuk mengamati gerhana matahari secara aman di antaranya http://gerhana.langitselatan.com/infografik-cara-aman-mengamati-gerhana-matahari/.

Baca dan pahamilah panduan tersebut. Jangan lupa juga untuk mengingatkan rekan-rekan, anggota keluarga terutama anak-anak agar mereka tidak melihat ke arah matahari secara langsung selama terjadinya Gerhana Matahari.

Sebelum tahun 2016, Gerhana Matahari Total pernah terjadi pada tahun 1983. Pada saat itu, ada himbauan untuk tinggal di dalam rumah selama terjadinya gerhana agar tidak mengalami kebutaan karena melihat gerhana dengan mata telanjang. Sebagian besar orang pada saat itu (termasuk saya) mengamati Gerhana yang disiarkan secara langsung di televisi.

DIY pinhole projector
Pinhole Projector
Pada tahun 2016 ini, banyak sekali panduan yang dapat Anda baca di Internet mengenai cara mengamati Gerhana tanpa takut merusak mata. Sehingga alih-alih hanya mengamati gerhana dari layar televisi, Anda dapat mencoba mengamati langsung dengan peralatan khusus (di antaranya pinhole projector) maupun pelindung mata yang memadai sesuai dengan panduan. Dengan demikian, Anda dapat menjadi saksi yang menyaksikan kejadian langka ini secara langsung, bukannya melalui layar televisi!
 

Sekali lagi, berhati-hatilah dan ikuti panduan mengamati gerhana secara aman. Ingatkan juga orang-orang di sekitar Anda, anggota keluarga, terutama anak-anak mengenai resiko mengamati gerhana secara langsung. Jelaskan juga bagaimana cara mengamati gerhana secara aman dan dimana mereka dapat menemuka literatur yang memberikan panduan yang jelas.

Sumber:
- http://www.timeanddate.com/eclipse/total-solar-eclipse.html
- http://gerhana.langitselatan.com


Postingan Terbaru


Komentar

Rekomendasi