Selamat Hari Raya Idul Fitri Mohon Maaf Lahir Batin
Selamat Hari Raya Idul Fitri Mohon Maaf Lahir Batin
Kunci Jawaban TTS Asah Otakmu Indoesia Kunci Jawaban Tatarucingan Sunda Kunci Jawaban Tebak Siapakah Aku Kunci Jawaban Tebak Gambar Komplit (Jams Studio) Kunci Jawaban Tebak-tebakan 2020 - Tebak Kata (Jams Studio) Kunci Jawaban Asah Otak Tebak Siapa Aku (KeySurya)
Kunci Jawaban TTS Asah Otakmu Indoesia Kunci Jawaban Tatarucingan Sunda Kunci Jawaban Tebak Siapakah Aku Kunci Jawaban Tebak Gambar Komplit (Jams Studio) Kunci Jawaban Tebak-tebakan 2020 - Tebak Kata (Jams Studio) Kunci Jawaban Asah Otak Tebak Siapa Aku (KeySurya)

Tips: Cara Ampuh Membasmi Tikus di Rumah

Seberapa sering Anda dibuat kesal oleh tikus? Hama yang satu ini memang gemar bersarang di rumah-rumah tinggal. Tak terlalu mengherankan,  karena tikus-tikus ini dapat dengan mudah menemukan tempat untuk berlindung di kawasan perumahan yang relatif sudah bersih dari pemangsa utama mereka. Selain itu, para tikus ini tidak perlu bersusah payah mencari makanan di kawasan perumahan karena mereka dapat dengan mudah menemukan makan di tong sampah maupun dapur-dapur perumahan yang tidak terlalu dijaga kebersihannya. 

Jangan pernah menyepelekan gangguan tikus. Pada awalnya, koloni tikus yang nampak mungkin tidak terlalu banyak dan sepertinya akan mudah saja dibasmi. Dengan cepat, tikus akan berkembang biak dan meraja lela, bahkan menyerang rumah-rumah yang cukup terawat dan terjaga kebersihannya. Pada dasarnya, tikus harus dibasmi sejak kemunculan pertamanya di kawasan perumahan. 

Selain merusak dan membuat kotor lingkungan, tikus juga membawa berbagai macam penyakit mematikan seperti leptospirosis, pes/sampar, salmonellosis, dll. Penyakit-penyakit tersebut sangat berbahaya dan mematikan.

Menjaga Kebersihan Rumah/Lingkungan
Walaupun terdengar klise, menjaga kebersihan adalah hal mutlak yang harus dilakukan untuk mendukun upaya-upaya lainnya dalam mengusir tikus. Sebagai contoh, tikus mungkin tidak akan memakan atau menghampiri umpan yang dipasang untuk meracuni maupun menjebak mereka apabila dapur Anda penuh berisi sisa-sisa makanan yang tidak segera dibuang. Tikus akan tetap memilih sisa-sisa makanan tersebut ketimbang umpan yang terlihat terlalu obvious alias mengada-ada untuk mereka. Nyatanya mereka belajar dengan cepat untuk tidak memilih umpan yang terlihat terlalu mencolok dan tidak biasanya. Barangkali mereka berpinsip "If it is too good to be true, then it probably is"Karena itu, usahakan untuk selalu menjaga kebersihan dapur atau tempat makan. Buanglah sisa-sisa makanan ke dalam tong sampah yang tertutup agar tidak diacak-acak oleh tikus. 

Membongkar/Membersihkan Tempat-tempat Tersembunyi
Tikus paling gemar bersembunyi di tempat-tempat yang membuat dirinya tidak terlihat oleh manusia maupun predatornya. Gorong-gorong, saluran air di dalam rumah, kotak yang tidak terpakai, gudang yang gelap, dll. Bersihkanlah tempat-tempat itu secara berkala. Upayakan agar tempat-tempat tersebut selalu terang dan terbuka. 

Benda-benda yang Tidak Disukai Tikus
Letakkan tumbukan kapur barus di tempat-tempat persembunyian maupun tempat-tempat yang sering dilalui tikus. Tikus tidak menyukai bau kapur barus/kamper sehingga mereka cenderung menjauhinya. Selain kapur barus tumbuk, Anda dapat juga menggunakan minyak pepermint, minyak cengkeh, maupun minyak gosok lainnya yang berbau tajam. Oleskan minyak tersebut pada kain selembar kertas/karton, atau kapas dan letakkan pada tempat persembunyian tikus atau tempat-tempat yang biasa dilewatinya. Cara ini hanya efektif untuk mengusir tikus dan bukan membunuhnya. 

Binatang yang Tidak Disukai Tikus
Selain predatornya, Anda dapat juga mencoba meletakkan jangkrik di tempat-tempat persembunyian atau lintasan tikus. Tikus tidak terlalu menyukai suara jangkrik yang nyaring. Pastikan sang jangkrik berada dalam tempat yang aman agar tidak dimangsa oleh tikus atau predator lainnya.

Predator Tikus
Walaupun akhir-akhir ini kucing tampak tidak terlalu efektif dalam membasmi tikus, tetapi setidaknya mereka tetap lawan yang disegani (ditakuti) tikus. Selain kucing, predator alami tikus adalah ular. Anjing-pun cukup efektif dalam membasmi tikus. Selain itu, beberapa orang percaya bahwa musang pun sangat disegani oleh tikus. Walaupun begitu, memelihara predator-predator tersebut bukanlah tanpa masalah.  Gigitan dan bisa ular hingga kemungkinan penyebaran infeksi rabies yang dibawa kucing, anjing, maupun musang dapat membawa masalah yang tidak kalah serius dari serangan hama tikus.

Racun Tikus
Tersedia berbagai macam umpan/racun tikus di pasaran. Mulai dari racun yang "ces-pleng" - yang dapat membunuh tikus seketika; maupun racun yang baru membunuh tikus setelah beberapa hari tikus memakan umpan tersebut. Saya pribadi lebih suka memilih racun tikus jenis kedua yang membutuhkan waktu 4-5 hari hingga tikus mati. Tikus bukanlah binatang bodoh, mereka akan belajar dari kenyataan pahit yang dialami rekan-rekan mereka yang mati seketika akibat memakan umpan tertentu. Akibatnya, umpan tersebut hanya akan mempan sekali dan selanjutnya dijauhi oleh tikus-tikus lain. Apabila ada jeda waktu, tikus-tikus akan cukup kesulitan mengkorelasikan jenis makanan yang mereka makan dengan penyebab kematian salah satu dari rekan-rekannya. Hati-hati dalam meletakkan racun tikus. Jauhkan dari jangkauan anak-anak maupun hewan peliharaan. Baca petunjuk pada kemasan untuk meminimalkan dampak racun apabila sampai termakan oleh manusia.

Perangkap Tikus
Tersedia beberapa perangkap tikus yang beredar di pasaran, mulai dari yang berbentuk kurungan, sentek yang berbentuk gigi-gigi tajam yang akan menjepit tikus, dan lem tikus. Walaupun begitu, jebakan ini menyisakan masalahan membuang tikus yang terjebak. Orang biasanya merasa takut atau jijik untuk membinasakan dan membuang tikus yang masuk dalam perangkap.

Pengusir Tikus Elektronik
Kalau Anda memiliki uang berlebih, tidak ada salahnya utnuk mencoba pengusir tikus elektrik yang dijual di pasaran. Saya sendiri belum pernah mencobanya karena harganya yang terbilang mahal. Mirip dengan pengusir nyamuk elektrik, alat ini menghasilkan bunyi dalam frekuensi tertentu yang akan membuat tikus merasa tidak nyaman. Barangkali alat ini dapat menggantikan jangkrik apabila hewan tersebut sulit dijumpai di sekitar rumah Anda.
Seluruh cara di atas tidak akan terlalu efektif apabila hanya Anda satu-satunya orang yang menjalankannya di lingkungan Anda. Ajaklah seluruh tetangga untuk berkontribusi untuk melakukan hal yang sama sehingga efeknya menjadi cukup besar. Dengan demikian, tikus tidak akan muncul-muncul lagi dalam waktu yang cukup lama. Selamat mencoba!

Postingan Terbaru


Komentar

  1. Punya tips membasmi tikus yang lebih ampuh, silakan share di kolom komentar..

    BalasHapus

Posting Komentar

Rekomendasi