Thursday, 4 February 2016

Tips Android: Mengatasi Smartphone Android yang Melambat

loading...
loading...
Apakah akhir-akhir ini Anda mulai kesal dengan kinerja smartphone/tablet Android Anda yang menurun? Apakah Anda mulai berpikir untuk mengganti smartphone/tablet Android Anda yang lemot dengan model terbaru yang kinerjanya lebih baik? 

Kekesalan semacam ini selalu muncul seiring dengan makin banyaknya aplikasi yang Anda pasang dan semakin bertambahnya umur gadget Anda; seolah merestui keinginan hati yang mulai tergiur dengan kemunculan seri terbaru gadget Android kesayangan Anda. 

Baca Juga: Mobile Mi-Fi Smartfren Andromax

Sebelum Anda mulai membelanjakan uang Anda untuk Smartphone seri terbaru, tidak ada salahnya untuk menyimak kiat sederhana yang akan saya paparkan. Beberapa tips mungkin sudah pernah Anda dengar dan coba sebelumnya. Walaupun begitu, tidak ada salahnya untuk melihat sekali lagi kalau-kalau ada tips yang belum pernah Anda ketahui sebelumnya. Selamat mencoba.


Hapus Aplikasi yang Tidak Terpakai

Berapa banyak aplikasi yang Anda unduh dari Playstore dan dipasang di Smartphone/Tablet Anda? Apakah semuanya masih Anda gunakan? Kalau sebuah aplikasi tidak lagi Anda sentuh dalam kurun waktu 2-3 bulan terakhir, boleh jadi Anda memang tidak membutuhkannya (lagi). 

Hapuslah aplikasi tersebut dengan terlebih dulu menghapus data (clear data). Caranya pilih setting - applications - downloaded lalu pilihlah aplikasi yang hendak Anda hapus. Klik clear data untuk menghapus seluruh data berikut cache nya. Hati-hati! Dengan menghapus data, Anda akan kehilangan seluruh setting aplikasi dan historical data yang direkam aplikasi tersebut. Sebagai contoh, apabila Anda menghapus sebuah game, maka seluruh catatan rekor Anda akan ikut terhapus. Apabila Anda menghapus sebuah aplikasi chatting maka seluruh chat history dan barangkali kontak akan ikut terhapus.

 Sesudah menghapus data, tekan tombol "Uninstall" untuk mengenyahkan aplikasi tersebut dari smartphone Anda

Lakukan langkah-langkah di atas untuk seluruh aplikasi yang tidak terpakai.



Hapus Folder yang Ditinggalkan Aplikasi

Setelah menghapus aplikasi yang tidak digunakan, cobalah untuk memastikan lagi bahwa tidak ada file atau folder yang ditinggalkan aplikasi tersebut. Gunakan file manager untuk menelusuri file dan folder pada smartphone Anda. Hapuslah file dan folder yang ditinggalkan aplikasi tersebut untuk menghemat memory smartphone Anda. Seperti biasa, sebelum mulai menghapus; pastikan bahwa Anda menghapus file dan folder yang benar. Jangan sampai Anda secara tidak sengaja menghapus file dan folder yang masih digunakan gara-gara ada kemiripan dengan nama aplikasi yang baru dihapus. Apabila tidak yakin, tinggalkan saja dan jangan dihapus.

Selagi Anda menelusuri isi smartphone Anda, tidak ada salahnya untuk membersihkan file/folder lama Anda yang sudah tidak lagi digunakan. Sekali lagi, pastikan Anda menghapus file/folder yang tidak akan Anda gunakan lagi. Berhati-hatilah.


Disable Aplikasi bawaan Smartphone yang Tidak Digunakan

Produsen Smartphone Android terkemuka biasanya akan menjejalkan banyak aplikasi yang sudah terpasang sejak Anda menebusnya di toko gadget langganan Anda. Sialnya, aplikasi tersebut biasanya tidak dapat di-uninstall (kecuali tentunya dengan beberapa cara yang tidak akan saya anjurkan di sini). 

Walaupun tidak dapat Anda hapus, setidaknya Anda dapat men-disable aplikasi tersebut agar tidak dimuat secara otomatis pada saat startup. Masuklah ke menu setting-applications-running. Lihatlah betapa banyaknya aplikasi yang sebetulnya tidak Anda gunakan yang berjalan di background tanpa persetujuan Anda dan memboroskan memory smartphone Anda yang berharga. 

Untuk mematikannya, masuklah lagi ke menu setting-applications-all lalu pilihlah aplikasi yang auto-run dan akan di-disable. Tekan tombol "Disable" untuk meniadakannya. Kelak apabila Anda membutuhkannya lagi, Anda cukup menekan tombol "Enable". Apabila Anda tidak dapat menemukan tombol tersebut, artinya aplikasi tersebut digunakan Smartphone Anda untuk menjalankan feature atau aplikasi lain yang diperlukan Smartphone untuk beroperasi dengan normal.

Baca Juga: Waspada Nyamuk Penyebar Virus Zika

Coba lihat lagi berapa besar memory (RAM) yang sudah anda save dengan cara ini.

Matikan Fungsi Auto-Sync dan Auto-Backup yang Tidak Digunakan

Apakah Anda memang perlu untuk men-sinkronkan kalender Anda secara terus-menerus atau email Anda? Apakah Anda mem-backup seluruh aplikasi Anda ke-cloud? Semua feature tersebut sangat bermanfaat untuk memastikan Anda selalu memperoleh data yang up-to-date sekaligus juga untuk mengamankan data kalau-kalau smartphone Anda rusak atau dicuri. Pertanyaanya, apakah memang sinkronisasi perlu dilakukan terus menerus untuk seluruh aplikasi? Apakah mungkin untuk mensikronisasi secara manual, sebut saja seminggu sekali? 

Feature auto-sync/backup akan memboroskan pemakaian data Anda sekaligus juga memperlambat kinerja Smartphone Anda. Matikan feature yang tidak terpakai dari setting-account dan setting-backup & reset.



Apabila Anda malas melakukan semuanya sendiri, Anda dapat mengunduh aplikasi yang dapat membantu Anda mengoptimalkan kinerja smartphone (kecuali mematikan feature auto-sync/backup dan men-disable aplikasi). 

Masuklah ke Playstore dan ketik "Cleaner". Anda akan menemukan sejumlah aplikasi yang dapat mengoptimalkan kinerja smartphone Anda. Untuk mencari aplikasi yang baik, cobalah lihat pada rating, berapa jumlah orang yang sudah mendownload, dan ulasan dari penggunanya. 

Pilihlah aplikasi cleaner dengan rating tinggi, jumlah download yang tinggi, dan juga ulasan yang baik dari penggunanya. Aplikasi cleaner yang kurang baik dapat menjadi sampah untuk smartphone Anda. Alih-alih mengoptimalkan kinerja smartphone, aplikasi tersebut malah makin memperparah dan memboroskan resource dan kuota data Anda.

Baca Juga:  Mengatasi SMS Spam
loading...
loading...

No comments:

Post a Comment