Selamat Hari Raya Idul Fitri Mohon Maaf Lahir Batin
Selamat Hari Raya Idul Fitri Mohon Maaf Lahir Batin
Kunci Jawaban TTS Asah Otakmu Indoesia Kunci Jawaban Tatarucingan Sunda Kunci Jawaban Tebak Siapakah Aku Kunci Jawaban Tebak Gambar Komplit (Jams Studio) Kunci Jawaban Tebak-tebakan 2020 - Tebak Kata (Jams Studio) Kunci Jawaban Asah Otak Tebak Siapa Aku (KeySurya)
Kunci Jawaban TTS Asah Otakmu Indoesia Kunci Jawaban Tatarucingan Sunda Kunci Jawaban Tebak Siapakah Aku Kunci Jawaban Tebak Gambar Komplit (Jams Studio) Kunci Jawaban Tebak-tebakan 2020 - Tebak Kata (Jams Studio) Kunci Jawaban Asah Otak Tebak Siapa Aku (KeySurya)

Tips Kesehatan: Sitting is The New Smoking

Anda mungkin cukup sering mendengar istilah sitting is the new smoking. Ya, ini tentulah hanya sebuah analogi dari dua kebiasaan yang sama-sama tidak sehat, yaitu: sitting dan smoking.

Tentu saja, hal ini bukan berarti Anda tidak boleh duduk sama sekali. Istilah tersebut untuk mengingatkan bahwa gaya hidup modern seringkali menyebabkan orang lebih banyak duduk dalam melakukan aktivitasnya atau lebih sering dikenal dengan istilah sedentary lifestyle.
Cobalah Anda amati aktivitas Anda sehari-hari di kantor. Datang pagi-pagi, menghidupkan komputer dan tenggelam dalam email dan berkas-berkas kerja yang menumpuk di meja Anda. Bahkan untuk memenuhi kebutuhan asupan air harian, Anda lebih suka menyimpan air minum dalam botol besar di atas meja ketimbang beranjak sejenak dari kursi Anda untuk mengambil air di pantry

Pada jam makan siang, Anda akan meminta office boy/girl untuk membelikan makanan untuk Anda sehingga Anda dapat bersantap di meja kerja sambil melanjutkan pekerjaan Anda. Praktis Anda hanya beranjak dari kursi Anda untuk ke toilet dan menunaikan kewajiban Shalat lima waktu bagi umat Muslim.

Anda mungkin berpikir bahwa olahraga 1-2 jam di akhir minggu atau sepulang kerja dapat membayar semua kebiasaan buruk tersebut. Hal itu tidak sepenuhnya benar, karena tubuh Anda perlu bergerak secara lebih sering dan teratur untuk menjamin proses metabolisme dalam tubuh yang baik. Metabolisme tubuh yang baik sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh Anda.

Saya sendiri menyiasati kebiasaan buruk tersebut dengan secara rutin mengambil air minum di pantry. Setidaknya saya mengambil air minum dua kali di pagi-siang dan dua kali lagi di siang-sore. Dengan minum secara teratur, saya akan secara rutin ke toilet untuk buang air kecil; biasanya 3-4 kali bahkan sampai 5 kali sehari. Pada jam makan siang, saya akan turun ke lantai dasar dengan tangga darurat ketimbang menggunakan lift. Kebetulan kantor saya berada di lantai bawah sehingga tidak terlalu melelahkan untuk turun/naik tangga. Saya akan memilih tempat makan yang tidak terlalu dekat, tetapi tidak terlalu melelahkan untuk ditempuh dengan berjalan kaki di siang hari yang terik. 

Seperti itulah cara saya untuk menyiasati kebiasaan buruk duduk terlalu lama dan bekerja secara terus menerus di depan komputer. Anda dapat merancang sendiri cara untuk menyiasati yang paling pas untuk Anda dan tentunya tidak mengganggu produktivitas kerja. 

Bergerak secara teratur di kantor ditambah dengan olahraga 1-2 jam sesudah kerja atau setidaknya 3 kali seminggu akan semakin memastikan tubuh Anda tetap bugar. Tidak perlu olahraga yang terlalu "heboh", cukup berjalan kaki, berenang, atau berlari-lari santai untuk memastikan metabolisme tubuh Anda terjaga dengan baik.

Semua itu tentunya harus didukung dengan asupan makanan yang bergizi, istirahat yang cukup, dan tentu saja hati yang gembira!

Postingan Terbaru


Komentar

Rekomendasi