Selamat Hari Raya Idul Fitri Mohon Maaf Lahir Batin
Selamat Hari Raya Idul Fitri Mohon Maaf Lahir Batin
Kunci Jawaban TTS Asah Otakmu Indoesia Kunci Jawaban Tatarucingan Sunda Kunci Jawaban Tebak Siapakah Aku Kunci Jawaban Tebak Gambar Komplit (Jams Studio) Kunci Jawaban Tebak-tebakan 2020 - Tebak Kata (Jams Studio) Kunci Jawaban Asah Otak Tebak Siapa Aku (KeySurya)
Kunci Jawaban TTS Asah Otakmu Indoesia Kunci Jawaban Tatarucingan Sunda Kunci Jawaban Tebak Siapakah Aku Kunci Jawaban Tebak Gambar Komplit (Jams Studio) Kunci Jawaban Tebak-tebakan 2020 - Tebak Kata (Jams Studio) Kunci Jawaban Asah Otak Tebak Siapa Aku (KeySurya)

Toyota All New Sienta

Tidak lama lagi, jalan-jalan di Indonesia akan diramaikan oleh tipe terbaru dari produsen mobil terkemuka Toyota. Pendatang baru di jalanan Indonesia ini akan mengusung nama "All New Sienta". 

Tipe ini sesungguhnya bukan produk yang sama sekali baru. Sienta sudah lebih dulu dipasarkan di Jepang pada pertengahan tahun 2015 (sumber http://www.carscoops.com/2015/07/all-new-toyota-sienta-compact-minivan.html). 

Walaupun begitu, Sienta yang dipasarkan di Indonesia tidak sama persis dengan Sienta yang sudah lebih dulu diperkenalkan di Jepang. Ada sejumlah perubahan yang dibuat dari desain awal untuk menyesuaikan dengan pasar di Indonesia. 

Perubahan yang cukup mencolok adalah pada grill dan tampilan depan MPV ini. Letak tongkat transmisi pada Sienta versi Jepang berada agak ke atas, sejajar dashboard. Sementara Sienta versi Indonesia berada di bawah, seperti lazimnya mobil-mobil lain di Indonesia. Selain itu, konon ground clearance Sienta versi Indonesia dibuat sekitar 1cm lebih tinggi (17cm) ketimbang saudara tuanya di Jepang. Hal ini tentunya untuk menyesuaikan dengan kondisi jalanan Indonesia yang belum seluruhnya rata dan masih berlubang di sana-sini. 

Sienta versi Indonesia (www.otolovers.com)
Produk ini digadang-gadang akan mampu bersaing dengan Honda Freed yang sudah terlebih dahulu meraja-lela di jalanan Indonesia tanpa pesaing. 

Seperti halnya Freed, Sienta disiapkan untuk menampung tujuh (7) orang dewasa (7 seaters MPV). 
Kursi di barisan tengah memberikan space yang luas untuk orang dewasa. Anda tidak perlu khawatir dengkul Anda akan beradu dengan kursi di bagian depan. 

Kursi di barisan tengah dapat diisi oleh tiga (3) orang dewasa dengan ukuran sedang. Kursi di barisan paling belakang dapat diisi oleh dua (2) orang dewasa. Kursi belakang ini dapat dilipat dan dimasukkan ke bagian bawah kursi depan sehingga dapat memberikan space bagasi yang cukup luas untuk membawa barang atau peralatan. 

Untuk mesin, Sienta memboyong mesin 2NR-FE, 4-silinder sejajar (In-line), 16 Valve, DOHC, Dual VVT-i, dengan kapasitas 1497cc. Untuk sistem transmisi, Toyota memasarkan baik versi manual maupun matic. Versi manual mengusung sistem transmisi dengan 6-percepatan. Sementara versi matic sudah mengaplikasikan teknologi CVT dengan 7-speed Sport Sequential Shiftmatic. Teknologi CVT ini menjamin perpindahan percepatan (gigi) yang lebih mulus dibandingkan teknologi matic pendahulunya.

Sienta versi Jepang (www.carscoops.com)
Tidak seperti umumnya mobil-mobil Toyota lain yang sudah lebih dulu beredar di Indonesia (Innova, Avanza, Veloz, Rush), Sienta menggunakan sistem penggerak roda depan. Seperti lazim diketahui, sistem penggerak roda depan terkadang tidak terlalu tangguh dalam melibas tanjakan yang berat. Dengan kata lain, Sienta memang dirancang untuk pengguna di perkotaan yang hanya sesekali melalui tanjakan yang curam. 

Terdapat empat pilihan varian Sienta yang akan dipasarkan dengan kisaran harga 230-295 juta rupiah, yaitu varian E (termurah), G, V, dan Q (termahal). Disamping harganya, terdapat perbedaan utama antara keempat varian tersebut. Sebagai contoh, versi E masih menggunakan kunci kontak biasa, sementara G, V, & Q sudah menggunakan Keyless with immobilizer dengan tombol Smart Start-Stop. 

Selain itu, versi E & G menggunakan velg dan ban dengan ukuran 185/60R15 sementara V & Q menggunakan ukuran 195/50R16. 

Interior Dalam Black Trim/Dark Brown Seat (www.toyota-id.com)
Untuk interior dalam, versi E & G hanya memiliki satu pilihan warna, yaitu "Black Trim & Black Seat". Sementara versi V & Q memiliki dua pilihan warna yaitu, "Black Trim & Dark Brown Seat" dan "Fromage Trim & Black Seat". 

Untuk feature keselamatan, seluruh varian (baik E, G, V, Q) sudah menerapkan teknologi ABS yang akan memastikan roda-roda kendaraan Anda tidak akan terkunci ketika dilakukan pengeraman mendadak. Hal ini untuk memastikan agar pengeraman berjalan efektif dan meminimalkan resiko slip akibat roda yang terkunci ketika rem diinjak keras-keras. 

Selain ABS, Toyota juga mengaplikasikan teknologi pengereman canggih lainnya seperti Electronic Brake Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA). Tidak tanggung-tanggung, Toyota mengaplikasikan teknologi ini pada seluruh varian (E, G, V, Q). Hal ini mencerminkan komitmen Toyota yang mengedepankan keamanan dan kenyamanan berkendara. 

Pada seluruh varian Sienta, terdapat Dual SRS (Airbag) untuk pengemudi dan penumpang yang berada sejajar dengan pengemudi. Selain itu, terdapat juga Knee Airbag pada sisi pengemudi yang akan memastikan dengkul pengemudi terlindungi pada saat terjadi benturan dari arah depan

Seperti halnya pada produk-produk Toyota lainnya, feature ISOFIX juga tersedia pada seluruh varian Sienta yang akan menjamin keselamatan penumpang bayi dan balita yang menggunakan kursi khusus. 


Terdapat dua feature yang hanya tersedia pada tipe tertinggi (Q) yaitu Vehicle Stability Control (VSC) yang akan meningkatkan kestabilan kendaraan pada saat melibas tikungan dan Hill Start Assist Control (HSA) yang akan membantu pengemudi untuk menahan mobil agar tidak mundur di tanjakan yang curam. Feature HSA ini akan sangat membantu untuk pengemudi pemula. 

Seluruh varian Sienta memiliki AC double blower yang akan memberikan distribusi udara dingin yang adil bagi penumpang yang duduk di bagian depan maupun belakang. Panel AC di dashboard pada tipe E & G masih menggunakan tombol putar dan tekan. Sementara tipe V & Q sudah menggunakan panel digital. 

Bagaimana? Apakah Anda sudah tidak sabar lagi untuk segera memiliki MPV terbaru dari Toyota ini? Sayangnya, untuk saat ini (April 2016) Anda harus cukup puas membaca berbagai ulasan mengenai produk ini. Sienta baru akan dirilis oleh Toyota pada pertengahan tahun 2016 ini, sekitar bulan Juni/Juli. Bagi Anda yang ingin memperoleh unit MPV ini pada kesempatan rilis pertama, silakan hubungi dealer Toyota terdekat untuk melakukan pemesanan (indent).

Perlu Anda ketahui juga bahwa konon Sienta akan memiliki kandungan lokal hingga 80%. Artinya, sebagian besar pekerjaan pembuatan unit maupun komponen MPV ini akan dikerjakan di Indonesia oleh putra-putri Bangsa ini. Sienta akan diproduksi di pabrik milik Toyota yang terbaru di daerah Karawang.

Semoga informasi ini bermanfaat!

Postingan Terbaru


Komentar

Rekomendasi