Selamat Hari Raya Idul Fitri Mohon Maaf Lahir Batin
Selamat Hari Raya Idul Fitri Mohon Maaf Lahir Batin
Kunci Jawaban TTS Asah Otakmu Indoesia Kunci Jawaban Tatarucingan Sunda Kunci Jawaban Tebak Siapakah Aku Kunci Jawaban Tebak Gambar Komplit (Jams Studio) Kunci Jawaban Tebak-tebakan 2020 - Tebak Kata (Jams Studio) Kunci Jawaban Asah Otak Tebak Siapa Aku (KeySurya)
Kunci Jawaban TTS Asah Otakmu Indoesia Kunci Jawaban Tatarucingan Sunda Kunci Jawaban Tebak Siapakah Aku Kunci Jawaban Tebak Gambar Komplit (Jams Studio) Kunci Jawaban Tebak-tebakan 2020 - Tebak Kata (Jams Studio) Kunci Jawaban Asah Otak Tebak Siapa Aku (KeySurya)

Arduino untuk Pemula

Apabila Anda sedang berpikir untuk punya hobby baru, mempelajari Arduino mungkin bisa menjadi salah satu alternatif hobby baru yang dapat ditekuni. Jangan khawatir apabila Anda tidak memiliki latar belakang elektronika maupun komputer, karena Arduino sudah dirancang sedemikian rupa untuk membantu pemula yang ingin mencoba melakukan eksperimen di bidang elektronika. Selain itu, tersedia sejumlah contoh-contoh proyek Arduino di Internet yang dapat Anda pelajari dan implementasikan sendiri.

Arduino untuk Pemula
https://www.arduino.cc/

Walaupun begitu, tentu saja pemahaman dasar elektronika dan bahasa pemrograman komputer akan menolong banyak untuk mempercepat proses belajar Anda. 

Dengan mempelajari Arduino, Anda akan dapat bereksperimen untuk membuat berbagai alat elektronika yang bermanfaat. Di bawah ini adalah contoh alat yang dapat dibuat dengan pengetahuan Arduino dasar. 

Sensor Pengukur Panas dan Kelembapan  Arduino

Sensor pengukur panas dapat dibuat dengan mudah dan murah menggunakan Arduino. Komponen yang dibutuhkan untuk alat ini adalah sebagai berikut: 
  • Arduino Controller (Arduino Nano/Uno/Mega).
  • Sensor temperatur & kelembapan (DHT 11) 
  • Kabel USB printer untuk menghubungkan Arduino Controller dan komputer (biasanya kabel ini disertakan dalam setiap pembelian Arduino Controller). 
  • Breadboard
  • Beberapa utas kabel Dupont male-male. 
Arduino Uno Controller R3
Arduino Uno Controller


Apabila Anda mencari di toko-toko online, maka biaya yang dibutuhkan untuk membuat sensor ini kurang lebih seratus ribu rupiah (Rp 100,000) saja. Dengan catatan bahwa Anda membeli versi kloning Arduino.  Detail cara pembuatan sensor pengukur panas akan dibahas dalam artikel terpisah. 

Sensor Pengukur Kualitas Udara

Kadang-kadang Anda ingin mengetahui apakah udara di ruangan cukup sehat atau mengandung gas-gas yang berbahaya. Selain untuk mengkur kualitas udara, sensor juga dapat digunakan untuk mendeteksi potensi adanya gas berbahaya, misalnya dari selang elpiji yang bocor. Untuk membuat alat tersebut, Anda hanya tinggal membeli sensor kualitas udara maupun gas gas berbahaya misalnya MQ 135, MQ 2, MQ 6 - dengan harga yang amat murah. Arduino Controller beserta accessories yang dibeli sebelumnya masih dapat digunakan lagi untuk keperluan ini. 

Sensor MQ 135 Arduino
MQ 135 Sensor

Dari kedua contoh di atas, mudah-mudahan Anda mulai paham, bahwa berbagai peralatan dapat dibuat dengan mudah hanya dengan cara membeli sensor yang sesuai. Sejumlah toko online yang menyediakan perangkat Arduino menyediakan beraneka ragam sensor dengan harga yang terjangkau, misalnya sensor api, cahaya, gerakan, dll. 

Dengan membeli beberapa komponen tambahan lainnya, Anda juga dapat mendesain alat yang sedikit lebih kompleks misalnya untuk membunyikan alarm maupun mengaktifkan/non-aktifkan peralatan-peralatan tertentu apabila sensor Anda mendeteksi adanya bahaya. 

Untuk keperluan riset, data-data yang Anda kumpulkan dapat disimpan di dalam memory card maupun dikirim langsung ke Internet. Saat ini, tersedia sejumlah provider di Internet yang menyediakan fasilitas penyimpanan data gratis untuk menyimpan data-data dari sensor Anda, misalnya Blynk, Cayenne, ThingSpeak, dll. 

Bagaimana, apakah Anda tertarik? Baca terus artikel selanjutnya yang membahas tentang rekomendasi kit Arduino yang dibeli untuk pemula. 

(Sekian)

Postingan Terbaru


Komentar

  1. Anda memiliki karya yang dibuat dengan Arduino atau sekedar ingin belajar Arduino? Bagikan pengalamanmu di sini.

    BalasHapus

Posting Komentar

Rekomendasi