Thursday, 31 December 2015

Tips Produktivitas: Cara Mengatasi SMS yang Tidak Dikehendaki (spam)

loading...
loading...
Seberapa sering Anda menghapus pesan singkat (SMS) yang tidak dikehendaki? Seberapa sering Anda menerima pesan singkat yang berisi penawaran kredit tanpa agunan atau bantuan untuk menyelesaikan masalah kartu kredit Anda? 
Bagi Anda yang tengah dilanda masalah keuangan, pesan-pesan tersebut mungkin dapat menjadi salah satu soluti untuk masalah Anda tersebut. Walaupun begitu, bagi Anda yang tidak mengharapkannya, pesan-pesan singkat tersebut mungkin menimbulkan gangguan dan menjadi spam.

Dengan hadirnya berbagai macam aplikasi messenger, seperti WhatsApp, BBM, WeChat, dll. yang menggunakan paket data Internet, SMS mungkin tidak lagi menjadi pilihan utama Anda dalam berkomunikasi. Kalau Anda bisa mengabaikan sepenuhnya pesan-pesan singkat yang datang melalui SMS, maka Anda tidak perlu membuang waktu untuk membaca tulisan ini. Walaupun begitu, beberapa dari Anda mungkin masih menunggu pesan-pesan penting yang dikirim anggota keluarga maupun rekan melalui SMS. Beberapa provider selular dan bank masih mengirimkan notifikasi atau laporan transaksi melalui SMS. 

Menu Setting
Bagi Anda pengguna Android, beberapa aplikasi SMS spam blocker dapat Anda unduh dari Playstore. Bagi Anda pengguna Windows Mobile maupun iPhone barangkali ada aplikasi sejenis yang dapat Anda unduh juga untuk mengatasi masalah SMS spam ini. 

Tulisan ini tidak akan membahas mengenai aplikasi-aplikasi tersebut. Tulisan ini mengajak Anda untuk memaksimalkan fungsi spam blocker yang mungkin sudah ada di smartphone Android Anda. Sebagai contoh, saya akan menggunakan smartphone Samsung Android yang sudah dilengkapi feature tersebut.

Pilih menu setting dari aplikasi Messaging pada smartphone Anda. Pada bagian spam message settings terdapat tiga pilihan cara untuk memblokir pesan singkat.

Cara pertama untuk memblokir pesan spam adalah dengan menambahkan nomor-nomor handphone milik pengirim pesan spam yang ingin anda blokir. Cara ini cukup efektif apabila pesan spam yang Anda terima selalu berasal dari nomor yang sama. Walaupun begitu, pada kebanyakan pesan spam nomor handphone yang digunakan si pengirim selalu berubah-ubah walaupun isi pesannya selalu sama. Hal ini membuat cara pertama ini tidak terlalu efektif untuk memblokir pesan spam. 

Cara Memblokir SMS Spam
Saya akan membahas cara ketiga terlebih dulu. Cara ketiga untuk membahas pesan spam adalah dengan memblokir pesan-pesan singkat yang dikirimkan dari nomor yang tidak dikenal (tidak ada dalam daftar kontak Anda). Agar pesan penting tidak ikut terblokir, Anda harus memastikan bahwa daftar kontak di smartphone Anda berisi semua orang pesan singkatnya akan Anda baca. 

Anda harus mengupdate juga setiap ada perubahan nomor handphone yang dimiliki orang-orang tersebut. Jangan lupa juga untuk selalu membackup nomor kontak agar dapat direstore sewaktu-waktu Anda membutuhkannya.


Cara kedua untuk memblokir pesan spam adalah dengan membuat daftar kombinasi frasa (minimal dua kata) yang biasanya terdapat dalam pesan SMS spam.  
Cara ini berbeda dengan kedua cara terdahulu yang menggunakan nomor handphone sebagai basis untuk memblokir atau meneruskan pesan ke Inbox Anda. Setiapkali smartphone Anda menerima pesan singkat, aplikasi messaging akan membandingkan isi pesan singkat dengan daftar frasa yang sudah Anda buat sebelumnya. Apabila isinya mengandung frasa spam, maka pesan tersebut akan diblokir. Pemilihan frasa yang tepat dan lengkap adalah kunci dari keefektivan cara ini. 

Contoh Frasa Spam
Walaupun begitu, beberapa pengirim pesan spam saat ini dengan sengaja mengubah beberapa karakter pada kata-kata yang digunakan untuk mengelabui feature ini. Sebagai contoh, alih-alih menuliskan "dana cepat", mereka akan mengubahnya menjadi "d@n@ cep@t" atau bahkan menyingkatnya menajdi "dana cpt". 

Berhati-hatilah juga dalam memilih frasa, karena mungkin pesan penting yang akan dikirimkan oleh kerabat atau kolega Anda akan berisi frasa tersebut.

Baca Juga: Smartphone Android Anda Lelet?

Pesan spam yang diblokir tidak dengan serta merta dihapus oleh aplikasi messaging. Anda masih dapat membaca pesan tersebut pada menu spam messages (lihat gambar "menu setting" di atas). Dari menu tersebut Anda dapat menghapus secara permanen pesan singkat yang tidak dikehendaki dan memindahkan pesan yang tidak sengaja terblokir ke dalam inbox Anda. 

Di bawah ini adalah contoh spam phrases yang digunakan pada smartphone saya. Kalau Anda ingin menggunakannya juga pada smartphone Anda, harap diingat bahwa frasa-frasa tersebut mungkin tidak cocok untuk keperluan Anda. Pilah-pilah dan modifikasilah terlebih dulu agar sesuai dengan kebutuhan Anda.  





fasilitas kta
kami bantu prosesnya
dana cepat
kami bantu penutupan kartu kredit
apply now
kami bantu penyelesaian kartu kredit
tanpa agunan
kami bantu secara legal
jaminan bpkb
kredit tanpa agunan
agunkan bpkb
perlu tambahan modal
dana tunai
pinjaman tanpa jaminan
need cash
dapatkan pinjaman
instant cash
pinjaman tunai
dana cash
dapatkan kredit
butuh dana
dana express
personal loan
bantu penutupan
info kta
rencanakan segala kebutuhan
dapatkan kredit
ingin pelunasan
anda cari dana
proses cepat
dari leasing
butuh tambahan modal

Jangan lupa untuk memeriksa spam messages Anda secara berkala untuk memastikan tidak ada pesan singkat penting yang ikut terblokir. 

Anda juga dapat membagikan spam phrases yang Anda gunakan pada bagian komentar dalam blog ini. Mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas Anda.

(disarikan dari berbagai sumber di Internet dan pengalaman pribadi)
loading...
loading...

No comments:

Post a Comment